Selasa, 24 Mei 2011

Teknik Menjawab Pertanyaan Dalam Presentasi

Kualitas dan kuantitas pertanyaan pendengar dapat menjadi perekat evaluasi yang menentukan keberhasilan suatu penyajian. Untuk ini jangan sia-siakan kesempatan ini untuk melengkapi keberhasilan penyajian anda. Sebelum menjawab pertanyaan pendengar berikut ini diuraikan langkah dan teknik mendengarkan pertanyaan pendegar.
1.Dengarkan pertanyaan secara atentif tanpa intrupsi. Lihatlah siapa yang bertanya dan simak makna pertanyaan mereka.
2.Dengar pertanyaan secara emphatis, jika mungkin dengarkan dengan simpatik kepada penanya, kepribadiannya, emosinya maupun motivasi yang ada dibelakang pertanyaan tersebut. Secara rinci buatlah posisi anda dalam posisi sipenanya.
3.Dengarkan secara konstruktif kepada apa yang ditanyakan. Dengarkan makna maksimal dari pertanyaan tersebut dan tunjukkan bahasa gerak tubuh yang mengisyaratkan anda memperhatikan pertanyaannya. Observasi juga tingkat keseriusan pendengar lainnya terhadap pertanyaan tersebut.
4.Dengarkan secara analisis kepada tanda-tanda khusus dalam pertanyaan tersebut.
5.Selalu menanyakan pada diri sendiri : “Apa yang anda maksud dengan….?”
6.Dengarkan secara restrospektif. Tangkaplah kata kunci dari pertanyaan tersebut, kalau perlu anda boleh mencatatnya dalam bahasa anda sendiri.
7.Dengarkan dengan pikiran terbuka, teristimewa apabila anda tidak setuju dengan pertanyaan tersebut. Dengar apa yang mereka utaraka, bukan apa yang anda inginkan atau harapkan mereka tanyakan.

Sumber : Teknik komunikasi dan presentasi yang efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar