Selasa, 24 Mei 2011

Vitamin A (Retinol) dan Manfaatnya

Vitamin A penting untuk mempertahankan kesehatan rambut, kulit dan selaput lender yang melapisi rongga tubuh dan organ-organ pembuluh. Vitamin ini sangat berguna untuk menyembuhkan jerawat. Dikenal sebagai ‘vitamin anti infeksi’, vitamin A membangun daya tahan terhadap infeksi seperti penyakit pernapasan. Vitamin ini penting untuk mengatasi buta sore dan penglihatan yang lemah, serta membantu perawatan beberapa kerusakan mata. Selain berguna untuk perawatan kelenjar gondok, vitamin A juga meningkatkan pertumbuhan tulang yang kuat dan melindungi lapisan sendi dari peradangan. Seperti vitamin C dan E, vitamin A merupakan vitamin anti-oksidasi: vitamin ini mencegah beberapa jenis kerusakan oksigen.
Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah kulit, rambut dan kuku, dan juga pada system pencernaan, kencing, dan pernafasan. Ini mengarah pada peningkatan kerentanan terhadap infeksi dan beberapa masalah mata (termasuk buta sore), dan menimbulkan kelelahan dan kekurangan tenaga.
Sumber vitamin A yang baik adalah: sayuran-sayuran segar, khususnya sayuran hijaudan kuningseperti asparagus, brokoli, wortel, dan delion (semacam rumput yang bungannya kuning), kangkung, daun sop, bayam, labu, pucuk ketela, dan lobak cina; buah-buahan segar, khususnya apricot, semangka, ceri, mangga, papaya, dan peach; susu dan produk susu lainnya, dan minyak ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar