Selasa, 24 Mei 2011

Vitamin B1 (Thiamin) dan Manfaatnya

Thiamin penting untuk pertumbuhan . zat ini menambah nafsu makan dan penting untuk pencernaan, khususnya terhadap makanan yang mengandung karbohidrat. Thiamin sangat berguna untuk menormalkan fungsi jaringan syaraf, dan menjaga otot-otot (termasuk otot jantung) untuk berfungsi secara normal. Zat ini membantu memerangi penularan penyakit, dan didapati berguna untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi.
Kekurangan thiamin mkengakibatkan kehilangan nafsu makan, penyakit pencernaan, sindrom iritasi isi perut, sembelit dan diarhoea. Selain itu dapat menyebabkan berbagai type penyakit syaraf dan berkuranggnya koordinasi kekuatan pada otot, disamping cepat merasa lelah dan lemah. Kekurangan thiamin juga dapat menyebabkan beri-beri, yang gejala awalnya mencakup: kelelahan, ingatan yang memburuk, tidur yang sering terganggu, hilangnyanafsu makan, sembelit dan rasa tidak enak pada perut.
Sumber thiamin yang baik diantaranyaadalah kacang brazil, ragi, tepung gandum, semangka, sayuran yang berdaun hijau, tumbuhan polong, kentang, gandum,kacang kedelai, biji bunga matahari, padi dan jagung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar