Selasa, 24 Mei 2011

Vitamin B3 (Niasin, Asam Nikotin, Nikotinamid) dan Manfaatnya

Vitamin B3 dianggap sebagai anti oksidasi seperti halnya vitamin A, C dan E. Vitamin ini membantu meningkatkan kesehatan system pencernaan dan mengurangi gangguan pada perut dan usus. Peranan vitamin B3 lainnya mencakup: meningkatkan kesehatan kulit; membantu mencegah dan mengurangi rasa sakit kepala yang parah pada migrain; meningkatkan sirkulasi darah; mengurangi kolestrol dan tekanan darah tinggi; membantu menindak balas gejala-gejala pusing yang tidak menyenangkan; membantu menyembuhkan sariawan; dan kadang-kadang memberantas bau nafas yang tidak sedap. Selain itu jugta meningkatkan energi dan menambah pemanfaatan makanan yang sempurna pada tubuh. Perhatikan bahwa asam nikotin, bukan nikotinamid, dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah.
Kekurangan vitamin B3 dapat mengakibatkan rasa lemah, penyakit pencernaan, depresi dan pellagra (penyakit yang disebabkan makanan yang kurang baik dan menyebabkan kulit gatal, gugup dan kadang-kadang agak gila)-yang diketahui dari kulit, perut, usus dan syaraf.
Sumber vitamin B3 yang baik mencakup: artichoke, asparagus, ragi, sayuran yang berdaun hijau, tumbuhan polong, kacang-kacangan, kentang, biji-bijian, padi dan produk padi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar