Sabtu, 30 Juli 2011

Empat Sumber Vitamin D Selain Susu

VIVAews - Jangan pernah mengabaikan asupan vitamin D. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin D juga berfungsi melindungi tubuh dari flu dan mencegah depresi.

Jadi bukan hanya berdampak positif bagi kondisi fisik, vitamin D juga bermanfaat bagi kesehatan psikis Anda. Ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Jika Anda tidak suka minum susu, cobalah penuhi asupan vitamin D dengan mengonsumsi empat makanan berikut, yang dilansir dari Health.com

1. Ikan berlemak
Demi memenuhi asupan vitamin D, Anda bisa mengonsumsi ikan berlemak. Seperti salmon, makarel, tuna, dan belut.
Tiga ons salmon fillet mengandung sekitar 450 IU vitamin D (international unit). Porsi yang cukup baik dari yang direkomendasikan yaitu 600 IU per hari. Keuntungan lainnya adalah jantung Anda juga lebih sehat karena kandungan asam omega 3 yang tinggi pada ikan berlemak.

2. Jamur
Jamur juga bisa memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari. Beberapa jenis jamur sengaja dikembangbiakan di bawah sinar matahari untuk merangsang produksi vitamin D. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membeli jamur dalam kemasan. Biasanya terdapat informasi nilai gizi.

3. Jus jeruk fortifikasi
Anda juga bisa mendapat asupan vitamin D dengan meminum jus jeruk yang telah difortifikasi. Jus ini telah ditambahkan nutrisi didalamnya, termasuk vitamin D. Biasanya, sekitar delapan gelas jus jeruk mengandung sekitar 100 IU vitamin D. Tetapi hal ini tergantung merek, cobalah lihat informasi gizi dalam kemasan.

4. Kuning telur
Mengonsumsi telur adalah cara paling mudah untuk mendapat asupan vitamin D. Sumber vitamin D pada telur adalah bagian kuningnya, kandungannya sekitar 40 IU. (eh)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar