Sabtu, 30 Juli 2011

Kegelisahan (Anxiety)

Kegelisahan (perasaan khawatir, tidak emak, atau takut) merupaan reaksi normal dari ancaman yang terasa terhadap tubuh, gaya hidup, barang yang berharga atau disayang. Rasa gelisah ini biasanya tidak difokuskan pada satu penyebab khusus.
Beberapa rasa gelisah merupakan hal yang normal, karena rasa gelisah ini dapat merangsang individu untuk melakukan tidankan yang memiliki tujuan. Namun, kegelisahan yang berlebihan dapat mempengaruhi keefisiensian dari fungsi seseorang.
Rasa gelisah yang disebabkan oleh sakit saraf dapat dilihat pada beberapa orang yang tidak mengalami penyakit organis. Gejala yang diperlihatkan mencakup: kesulitan bernafas, rasa sakit dan sesak pada jantung ; berbagai bentuk ketegangan pada otot, termasuk rasa sesak pada tenggorokan dan tekanan seperti ikat pada kepala; perasaan dingin; tangan yang gemetar; keringatan dan tidak tenang; mual dan diarhoea; lemah dan merasa pitam (mau pingsan); serta tidak mampu berpikir dengan jelas.
Pernafasan yang cepat dapat menimbulkan hyperventilasi (peredaran hawa yang berlebihan) yang pada akhirnya akan mengakibatkan alkalosis dimana cairan tubuh terlalu banyak mengandung zat alkalin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar