Sabtu, 30 Juli 2011

Tekanan Darah Tinggi [Blood Pressure (High)]

Tekanan darah mengacu pada tenaga mendesak dari darah terhadap dinding dalam pembuluh arteri sebagai akibat dari gerakan memompa pada jantung.
Hypertensi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari yang dianggap normal.
Hypertensi dasar/utama adalah kondisi dimana penyebab yang sebenarnya tidak diketahui.
Hypertensi kedua merupakan akibat dari penyakit pada organ yang mendasar seperti tumor pada kelenjar adrenalin atau sakit ginjal.
Karena hypertensi biasanya tidak menimbulkan, berjuta-juta orang tidak mengetahui jika mereka mengalami masalah ini dan biasanya baru diketahuisetelah melaui pemeriksaan medis yang rutin.
Hypertensi yang tidak dirawat dapat menimbulkan penyakit yang serius seperti penyakit jantung koroner, kegagalan fungsi jantung, aortic aneurysm (pembengkakan pembuluh nadi) atau penyakit kardiovaskular lainnya (jantung dan urat-urat darah).
Hypertensi merupakan salah satu penyakit yang paling sulit untuk dikatrol karena pada akhirnya setiap penyebab tekanan akan menyebabkan perubahan pada tekanan darah. Contoh tekanan darah pembuluh arteri systolik naik pada saat aktivitas dan kegembiraan sedang berlangsung (systolik mengacu pada tekanan yang dihasilkan dalam pembuluh arteri karena dorongan darah ketika serambi kiri bagian bawah jantung berkerut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar