Sabtu, 30 Juli 2011

Sakit Punggung (Backache)

Sakit punggung mengacu pada rasa sakit di setiap daerah atau kedua sisi tulang punggung, mulai dari pangkal leher hingga pinggul. Sakit punggung biasanya dicirikan dengan rasa sakit yang terus berkelanjutan serta pelunakan pada otot punggung serta pelengkapnya. Rasa sakit kadang-kadang menyebar hingga ke kaki mengikuti distribusi dari syaraf pinggang.
Penyebab sakit punggung mencakup: infeksi; tumor atau ketidaknormalan lainnya pada setiap bagian tubuh (misalnya uterus atau kelenjar prostat); penyakit pada tulang vertebra, seperti ketidaknormalan lapisan antara vertebra; patah tulang, seperti yang terjadi sebagai akibat dari penyakit tulang yang menahun seperti osteoporosis; otot yang menegang atau terseleo; peradangan pada struktur yang berhubungan; kebiasaan postur tubuh yang salah; dan factor dari lahir (bawaan dari lahir).
Lumbago merupakan kata umum yang digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang berkelanjutan pada bagian pinggang punggung.
Scoliosis merupakan pelengkungan menyamping pada tulang punggung yang biasanya terdiri dari dua lengkungan; lengkungan asli yang tidak normal dan lengkungan imbangan pada arah berlawanan.
Congenital scoliosos (scoliosis bawaan) diderita sejak lahir dan biasanya merupakan akibat dari perkembangan tulang punggung yang tidak sempurna mulai dari dalam kandungan.
Habit scoliosis (scoliosis kebiasaan) akibat dari kebiasaan posisi tubuh yang tidak benar.
Myopathic scoliosis dikarenakan oleh pelemahan pada otot tulang punggung.
Rheumatic scoliosis diakibatkan oleh penyakit rematik pada otot punggung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar