Minggu, 28 Agustus 2011

Perlu Lima Menit Pulihkan Suasana Hati

London (ANTARA News) - Bila suasana hati dirundung galau, maka apa yang Anda harus lakukan? Segeralah berpaling ke alam dalam waktu lima menit saja agar suasana hati Anda kembali cerah secerah mentari tiap hari.

Penelitian yang dipublikasikan tahun lalu di jurnal Environmental Science and Technology menyatakan siapa pun telah mengetahui bahwa alam memulihkan suasana hati, sebagaimana dikutip dari laman Health.

Profesor Jules Pretty dan koleganya di University of Essex di Inggris menganalisis temuan dari 10 studi terpisah. Mereka mempelajari dan mendapati sejumlah kegiatan yang dapat memulihkan suasana hati. Umumnya kegiatan itu berkaitan dengan alam, misalnya bersepeda, berjalan, berlari, berkebun, pertanian, memancing atau berlayar.

Apakah berada di alam terbuka membuat suasana hati Anda lebih segar? Studi mengatakan bisa. "Dari ribuan generasi kita lewati, salah satunya sebagai manusia pemburu-pengumpul dan petani," kata Pretty.

"Dalam enam sampai delapan generasi terakhir, kita hidup di dunia industri. Kita terputus dengan alam. Karena itu kembali ke alam dalam lima menit memiliki dampak mendalam bagi hidup kita," katanya.

Temuan ini juga mendorong kalangan profesional dan pengambil kebijakan perkotaan agar menyediakan dana lebih bagi penyediaan ruang hijau terbuka, kata Perry juga.

Bila Anda belum sempat pergi menikmati alam, langkah instan yang perlu dilakukan, yakni matikan pesawat televisi anda. Bila Anda seorang pekerja kantoran, adakan pertemuan menyenangkan bersama rekan sejawat.

Selain itu, sedapat mungkin hindari minum kopi atau menyantap makanan ringan. Bila perlu, Anda dapat mengambil waktu istirahat dengan berjalan di sekitar gedung kantor selama lima menit.

Ada baiknya mencoba bekerja di luar kantor. Bawalah laptop agar terkoneksi dengan jaringan internet. Bukankah di banyak kota dan wilayah sekarang ini sudah menyediakan wi-fi secara gratis. Temukan tempat yang menyenangkan bagi aktivitas Anda di luar kantor.
(A024)

Editor: AA Ariwibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar