Minggu, 28 Agustus 2011

Pria Senang Bilang Cinta Duluan

Jakarta (ANTARA News) - Jauhkanlah Stereotipe mengenai ketakutan pria akan komitmen. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa pria tak hanya sering mengatakan "saya cinta kamu" pertama kali dalam sebuah hubungan, mereka juga sering lebih gembira ketimbang wanita ketika mereka mendengar tiga kata sederhana itu dikatakan kepada mereka.

Dorongan kebahagiaan terbesar datang ketika seorang wanita mengakui cintanya lebih mementingkan akan hubungan seks pasangan, para peneliti melaporkan hal itu pada bulan juni dalam jurnal kepribadian dan psikologi sosial, seperti dikutip dari foxnews.

Mulai dari sebuah sudut pandang yang evolusioner dimana pria menghargai kesempatan untuk bereproduksi dan wanita menghargai komitmen guna meningkatkan keturunan. Temuan itu masuk akal, para peneliti menulis. pria lebih mementingkan sebuah pengakuan pra hubungan seks karena hal itu hadir dengan janji untuk melakukan beberapa tindakan dalam waktu dekat dimasa depan.

Disisi lain wanita, akan mementingkan pengakuan setelah hubungan seks karena hal itu bermakna hubungan seks datang dengan sebuah komitmen.

Para peneliti melibatkan 45 pelajar dan pejalan kaki di wilayah Massachusetts Institute of Technology dan menanyakannya apakah mereka mengira pria atau wanita mengatakan "saya cinta kamu" lebih dulu lebih sering dalam sebuah hubungan.

Sebanyak 64 persen mengatakan wanita tampaknya paling mungkin untuk melontarkan huruf L pertama kali.

Rata-rata, para responden memperkirakan, wanita akan mengatakan "saya cinta kamu" 23 hari sebelum pria.

Faktanya, para peneliti menemukan setelah mensurvei 100 orang mahasiswa dan 47 orang pasangan heteroseksual dari segala usia, sekitar 61 persen dan 70 persen orang mengatakan priamengatakan "saya cinta kamu" 42 hari sebelum wanita melakukannya, dan memperkirakan perbedaan itu tak hanya berdasar pada wanita yang menunggu si pria untuk melakukan tindakan pertama.

Penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa, ketika ketika diminta untuk membayangkan apakah pacar mereka mengatakan "saya cinta kamu", pria dilaporkan membayangkan dorongan kebahagiaan terbesar jika pengakuan itu datang sebelum kedua pasangan itu melakukan hubungan seks. Setelah melakukan hubungan. Pria dilaporkan sedikit mendapatkan dorongan kebahagiaan ketika pengakuan itu dibuat.

Wanita, dalam perbandingannya, mengalami penurunan kesan dengan pengakuan pada saat pra hubungan seks, tetapi menjadi lebih bahagia secara signifikan jika ungkapan "saya cinta kamu" datang setelah pasangan itu memulai hubungan seks.(*)
(yud)

Editor: Ruslan Burhani

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar