Minggu, 28 Agustus 2011

Pilih gaji besar atau bahagia?

Jakarta (ANTARA News) - Ayo pilih mana gaji tinggi tapi tidak bahagia atau gaji pas-pas tapi bahagia?

Sebuah penelitian dari tim ekonom dari Universitas Cornell di AS melakukan survei terhadap 2.500 orang lebih dan menanyakan apa yang membuat mereka bahagia.

Apakah sebuah pekerjaan dengan gaji 50.000 poundsterling, jam kerja normal dan waktu tidur teratur 7,5 jam atau pekerjaan dengan gaji 90,000 poundsterling, jam kerja yang tidak biasa dan waktu tidur hanya enam jam saja.

Para peneliti itu menemukan kebanyakan responden lebih memilih dibayar gaji besar walaupun pekerjaan mereka tidak membahagiakan.

Ketika ditanya tentang motivasinya, mereka menjelaskan gaji besar dapat membahagiakan keluarga mereka.

Peserta lainnya mengatakan mereka lebih menikmati status sosial dengan peranan yang besar karena hal itu dapat memberikan mereka nilai tujuan hidup yang lebih besar.

Penelitian yang diterbitkan American Economic Review itu dipresentasikan pada Pertemuan Keempat Lindau di Ilmu Ekonomi di Austria.

Alex Rees-Jones, salah satu mahasiswa kedoktoran (PhD) yang melatar belakangi penelitian itu mengatakan dia yakin penelitian itu memiliki dampak politik.

Dia (Rees-Jones) mengatakan kepada Daily Telegraph,"Penelitian kami memberikan masukan jika pemerintah merancang kebijakan untuk memaksimalkan kebahagiaan yang diukur melalui survei mereka, mereka mungkin menerapkan kebijakan-kebijakan yang orang lain tidak menginginkan untuk diri mereka sendiri."

(Adm/S026)

Editor: Suryanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar