Rabu, 21 September 2011

Agar Tetap Berenergi Sepanjang Hari

VIVAnews - Sering merasa lelah beberapa jam setelah makan siang di kantor atau merasa suasana hati menurun drastis di sore hari? Gaya hidup dan kesibukan di kantor atau rumah kerap menjadikan tubuh lebih cepat lelah. Dan, ada faktor penentu lainnya, yakni asupan makanan.

Seorang ahli gizi asal California, Christine Bailey memiliki solusi praktis agar mempertahankan energi sepanjang hari. Bailey mengatakan, kelelahan dan kehilangan produktivitas diakibatkan pola makan yang buruk di waktu siang. Asupan makan tak cukup memberi energi secara maksimal, penyebab rasa lemas di sore hari.

Kerap kali, di hari sibuk seseorang hanya makan makanan ringan tak sehat atau tidak memenuhi standar. Mau tetap berenergi sepanjang hari? Berikut caranya, seperti dikutip dari Female First.

Makan untuk energi
Asupan makanan dengan kadar gula tinggi membuat kadar gula darah berfluktuasi dan berakibat buruk pada energi. Ketika kadar gula darah meningkat, tubuh merespon dengan mengeluarkan insulin yang membantu mentransfer glukosa ke dalam sel, menyebabkan kadar gula darah turun.

Bila Anda memilih makanan yang meningkatkan kadar gula darah seperti karbohidrat olahan (roti putih, kerupuk, biskuit, kue, pasta), insulin akan makin cepat diproduksi sehingga tubuh akan lebih cepat lemas. Saat gula mengaliri tubuh, kelebihannya akan disimpan sebagai lemak penyebab kegemukan.

Jika ingin mengoptimalkan tenaga seharian, asup makanan yang seimbang. Karena bila tubuh kekurangan gula, tubuh juga akan cepat merasa lelah, lebih mungkin sulit berkonsentrasi penyebab cepat tersinggung serta berpotensi makan lebih banyak gula dan camilan manis di sore hari.

Solusi di meja makan
Agar memenuhi energi sepanjang hari, kuncinya adalah makan siang kaya protein dan karbohidrat yang lambat diolah tubuh, seperti gandum dan berbagai olahan oat.

Oatcake adalah menu makan siang sempurna, mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat larut. Karena lambat dicerna, akan mengurangi nafsu makan selama berjam-jam setelah makan, mencegah penurunan energi atau makan camilan tak sehat di sore hari.

Pastikan juga asupan protein seperti ayam, ikan dan telur yang hanya memicu pelepasan insulin dalam jumlah sedikit serta mempertahankan tingkat gula darah. Protein kaya nutrisi untuk energi seperti vitamin B, seng, asam amino tirosin dan fenilalanin. Ini membuat kita tetap berenergi sepanjang sore.

Untuk meningkatkan mood, masukkan makanan kaya serotonin yang mengurangi hormon stres. Ini dapat diperoleh dari ikan, kalkun, ayam, kacang-kacangan, telur dan gandum.

Selain itu, jagalah agar makan siang bervariasi untuk menghindari kebosanan sekaligus memastikan Anda memeroleh semua vitamin dan mineral penting harian. Cari ide berbeda mengolah gandum utuh atau oatmeals atau buatlah sup kacang-kacangan dan salad buah sayuran yang nikmat. (eh)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar