Kamis, 30 Juni 2011

EFAs (Asam Lemak Penting, Berbagai Asam Lemak Tak Jenuh) dan Manfaatnya bagi Tubuh Kita

Terdapat dua kelas asam lemak yang dianggap penting (penting dalam hal ini berarti bahwa tubuh kita membutuhkan asam tersebut tapi tidak dapat memproduksinya sendiri, jadi kita mendapatkannya dari makanan). Kelas tersebut adalah asam lemak omega-3 dan omega-6.
EFAs merupakan bagian yang vital dari struktur setiap sel di dalam tubuh. Asam lemak ini juga merupakan komponen yang diperlukan pada selaput lemak yang melapisi permukaan kulit, selaput yang penting untuk melindungi kulit dari masuknya organisme penyebab penyakit.
EFAs memainkan peranan dalam metabolisme kolestrol dan penggumpalan darah. Ia membantu menyediakan energi, mempertahankan temperatur tubuh, mengisolasi syaraf, membantali dan melindungi jaringan, dan meningkatkan kesehatan kulit, rambut dan kuku. Terlebih lagi, EFAs membantu pengurangan berat badan dengan membakar lemak jenuh.
Kekurangan EFAs dapat mengakibatkan jerawat dan eksema. Gejala kekurangan lainnya mencakup: kapasitas produksi yang tidak baik; kerusakan jantung dan sirkulasi darah; penyembuhan luka yang salah; pembuluh air mata dan kelenjar ludah yang mongering; susunan kolagen yang tidak sempurna dan kerontokan rambut yang tidak normal.
Biasanya, sumber EFAs yang paling baik terdapat pada minyak yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan tertentu seperti biji rami, biji bunga matahari, biji wijen, dan biji bunga mawar. Sumber lainnya mencakup: benih gandum, kacang kedelai dan minyak kacang, almond, alpukat, kacang, kemiri, biji bunga matahari dan biji kenari. (walaupun kebanyakan kacang mengandung zat EFAs, namum kacang brazil dan kacang mede tidak mengandung EFAs).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar