Kamis, 30 Juni 2011

Vitamin C (Asam Ascorbic) dan Manfatnya

Vitamin ini penting untuk mempertahankan susunan kolagen (sejenis bahan perekat yang menyatukan sel membentuk berbagai jaringan, termasuk kulit, tulang rawan dan tulang.
Vitamin C yang merupakan vitamin anti-stres dibutuhkan untuk membangn daya tahan terhadap penyakit dan untuk membantu berbagai proses penyembuhan. Vitamin ini juga mempengaruhi pemanfaatan oksigen pada tubuh dan mempertahankan sirkulasi darah yang sehat. Seperti juga vitamin A dan E, vitamin C adalah vitamin anti oksidasi, yang membantu memperlambat pengaruh yang merusak dari oksigen dan zat lainnya.
Peranan vitamin C lainnya mencakup: membantu menurunkan tekanan kolestrol darah; mengurangi gumpalan darah pada urat darah halus; membantuh mencegah dan mengurangi gejalah demam yang umum; megurangi pengaruh dari berbagi zat yang menimbulkan alergi; bertidak sebagi obat cuci perut yang alami. Selain itu juga memudahkan penyerapan zat besi.
Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan berkurangnya daya tahan terhadap inreksion; pelunakan sendi dan kerentangan terhadap penyakit gusi dan gigi. Jika kekurangan yang diderita parah, anemia dan haemorhage dapat timbul; begitu juga kudis, yang ditandai dengan pendarahan dan susunan tulang dan gigi yang tidak normal. (Kudis diawali dengan priode kesehatan yang memburuk, dan gejala-gejala yang mencakup berkurangnya tenaga, warna kulit yang memucat, rasa sakit pada sendi, darah yang kurang mengandung zat besi, pendarahan pada gusi dan gigi yang goyah.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar