Kamis, 30 Juni 2011

Kalsium dan Manfaatnya bagi Tubuh

Kalsium, yang dianggap sebagai mineral anti-stres, dibutuhkan untuk menormalkan fungsi jaringan saraf, untuk kesehatan otot, penggumpalan darah yang normal dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga agar jantung berdetak dengan teratur. Zat ini membantu metabolisme besi di dalam tubuh dan dapat memerangi insomnia. Selain itu juga dibutuhkan untuk mempertahankan keseimbangan unsur-unsur kimia yang baik di dalam tubuh. Agar kalsium dapat diserap, persedian vitamin C dan laktosa (gula susu) memantapkan penyerapan kalsium.
Stress dan tidur yang berkepanjangan meningkatkan kebutuhan akan kalsium; jadi lakukan diet dengan kadar protein dan lemak yang tinggi. Kekurangan kalsium menyebabkan berkurangnya tenaga, ketidakmampuan untuk santai dan dapat menimbulkan rakhitis, osteomalasia dan osteoporosis.
Sumber kalsium yang terbaik adalah: sirup blackstrap, tepung karop, buah sitrus, kacang kering, buah ara kering, sayuran hijau, susu dan produk susu lainnya, kacang tanah, kacang wijen, kacang kedelai, biji bunga matahari dan kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar